Kebutuhan
akan adanya Call Center, bukanlah hal yang baru di kalangan bisnis.
Hampir bisa dikatanya setiap perusahaan “latah” berlomba-lomba
mengadakan call center. Ada yang sekadar mengikuti tren dan tidak
sedikit yang sungguh-sungguh menerapkannya karena memang memberikan
dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan. Maksudnya
adalah agar pelayanan dan komunikasi kepada pelanggan dapat berjalan
seefektif mungkin. Call Center diharapkan mampu menjembatani antara
perusahaan dengan pelanggan, sehingga akan terjadi interaksi yang
positif, baik terkait dengan informasi perusahaan atau produk,
peningkatan layanan, promosi dan pemasaran maupun dalam mengatasi
permasalahan yang mungkin dihadapi pelanggan.
Call Center tidak semata-mata hanya menerima telepon dari pelanggan, menuntaskan pesanan pelanggan, atau menjawab pertanyaan pelanggan atau calon pelanggan. Tetapi, lebih jauh dari itu, Call Center lebih pada upaya menghubungkan perusahaan dengan pelanggan, yang berarti menjadi jembatan terhadap berbagai informasi yang tersedia, baik di perusahaan maupun yang disampaikan oleh pelanggan. Keluhan, komplen dan bahkan kritik yang disampaikan oleh pelanggan, tentunya melalui Call Center, akan merupakan interaksi yang positif bagi perusahaan dan sekaligus mensolusi persoalan-persoalan yang mungkin timbul.
Call Center tidak semata-mata hanya menerima telepon dari pelanggan, menuntaskan pesanan pelanggan, atau menjawab pertanyaan pelanggan atau calon pelanggan. Tetapi, lebih jauh dari itu, Call Center lebih pada upaya menghubungkan perusahaan dengan pelanggan, yang berarti menjadi jembatan terhadap berbagai informasi yang tersedia, baik di perusahaan maupun yang disampaikan oleh pelanggan. Keluhan, komplen dan bahkan kritik yang disampaikan oleh pelanggan, tentunya melalui Call Center, akan merupakan interaksi yang positif bagi perusahaan dan sekaligus mensolusi persoalan-persoalan yang mungkin timbul.
Seiring
dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, khususnya
Internet, Call Center meningkat menjadi Contact Center dengan
pengertian yang jauh lebih luas dari sekadar berkomunikasi melalui
suara (telepon), melainkan mencakup komunikasi melalui e-mail, Web
dan kanal komunikasi lainnya seperti jejaring sosial. Seakan tidak
ada jarak antara perusahaan dan pelanggan.
Sejalan dengan perkembangan Contac center dan teknologi pendukungnya di dunia bisnis internasional, maka diadakannya Contact Center Award dari tingkat nasional hingga Dunia. Di Indonesia sendiri ajang Indonesia Contact Center Award rutin diadakan setiap tahun. Setiap perusahaan berlomba mengutus staff terbaiknya. Ada banyak kategory yang diperlombakan. Beberapa Kategori Individu The Best Contact Center Indonesia 2012 adalah The Best Manager, Supervisor, Team Leader, Quality Assurance, Workforce Management, Technical / IT Support, Trainer, Agent Inbound, Agent Outbound, Back Office Operation, Telesales, Tele-non-Sales, Customer Service Walk-in. Pada masing masing kategori dipilih empat pemenang yang memperebutkan piagam penghargaan Platinum, Gold, Silver dan Bronze. Kemudian dari para pemenang setiap kategori tersebut akan dipilih satu perusahaan sebagai pemenang utama yang ditentukan dengan jumlah piagam terbanyak dan tertinggi.
Doakan
saya untuk bisa mewakili perusahaan di ajang bergengsi Indonesia
Contact Center Award 2012 ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 23
- 26 April 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar