Call center sering
dianggap buruk oleh sebagian kalangan. Jika kita tanyakan kepada
beberapa orang untuk bekerja sebagai Call Center, tidak sedikit dari
mereka yang menolak dengan beragam alasan dan merespon negatif.
Mereka memandang pekerjaan sebagai Call Center sangat membosankan dan
monoton.
Namun hal berbeda ada di
tempat saya bekerja, kami berusaha untuk membuat pandangan tersebut
berbalik, bahkan menganggap pekerjaan sebagai Call Center adalah hal
yang menyenangkan dan membanggakan. Kami ciptakan suasana kerja yang
kondusif sehingga semangat untuk datang ke kantor dan dapat
melaksanakan tugas dengan sepenuh hati.
Berikut adalah beberapa
hal yang kami lalukan:
PEMBENTUKAN LURAH CALL
CENTER
Ini adalah hal baru dalam
dunia kerja sepanjang pengalaman saya. Diawali dengan Feel Free Party
pada malam tahun baru 2012 dibentuklah satu format kepengurusan kecil
dalam Call Center dengan dipilih salah satu Supervisor sebagai
ketuanya / lurah. Pembentukan Lurah Call Center ini dimaksudkan untuk
mengurus kesejahteraan Call Center. Salah satu program yang sudah
dijalankan semantara waktu ini adalah Call Center Got Talent. Dalam
program ini setiap agent call center yang memiliki keahlian khusus
dalam bidang seni diberi kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya.
Diharapkan keahlian dalam bidang seni tersebut bisa ditampilkan dalam
ajang bergengsi Call Center Nasional seperti ICCA (Indonesia Contact
Center Award).
DEKORASI KUBIKEL
Untuk menghilangkan rasa jenuh terhadap tampilan meja kerja (kubikel) yang monoton, maka dibuat sebuah lomba menghias kubikel antar team. Rencana lomba ini akan dijalankan dalam jangka waktu tiga bulan sekali. Sudah dipastikan suasana hati akan berbeda duduk di kursi dengan kubikel yang terhias cantik.
OUTING DAN OUTBOUND CALL
CENTER
Outing Call Center ini
dilaksanakan dengan tujuan untuk menghibur para staff yang tentunya
menginginkan refreshing day dan melepas penat melupakan sejenak
aktifitas kerja. Kegiatan ini sering kali dilaksanakan dengan suasana
pantai selama dua hari satu malam. Cukup sulit memang mengatur
sechedule team agar semua bisa merasakan refreshing ini. Dalam outing
ini diadakan pula outbound.
Program ini menggunakan
metode Experience Learning dimana para peserta pelatihan outbond akan
diberikan kesempatan untuk melakukan pembelajaran melalui penugasan,
studi kasus kemudian dari penugasan tersebut akan diambil pemaknaan
yang relevan kedalam materi pembelajaran yaitu Team Work, yang
termasuk didalamnya pembahasan tentang Leadership & Motivasi,
serta disisipkan materi lainnya seperti Service Excellence.
KONPETISI FUTSAL ANTAR
TEAM CALL CENTER
Kalau kesenian sudah
didukung dengan diadakannya got talent. Motivasi diri dan team sudah
terbentuk dengan outbound. Tidak ketinggalan bidang olah raga juga
menjadi perhatian khusus, CCFC (Call Center Futsal Competition)
digulirkan. Kompetisi bergengsi Call Center ini memperebutkan piala
bergilir.
Bravo Call Center...
Proud to be Call Center Agent...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar