page

Jumat, 02 Maret 2012

Call Center Kreatif



Call center sering dianggap buruk oleh sebagian kalangan. Jika kita tanyakan kepada beberapa orang untuk bekerja sebagai Call Center, tidak sedikit dari mereka yang menolak dengan beragam alasan dan merespon negatif. Mereka memandang pekerjaan sebagai Call Center sangat membosankan dan monoton.

Namun hal berbeda ada di tempat saya bekerja, kami berusaha untuk membuat pandangan tersebut berbalik, bahkan menganggap pekerjaan sebagai Call Center adalah hal yang menyenangkan dan membanggakan. Kami ciptakan suasana kerja yang kondusif sehingga semangat untuk datang ke kantor dan dapat melaksanakan tugas dengan sepenuh hati.

Berikut adalah beberapa hal yang kami lalukan:


PEMBENTUKAN LURAH CALL CENTER
Ini adalah hal baru dalam dunia kerja sepanjang pengalaman saya. Diawali dengan Feel Free Party pada malam tahun baru 2012 dibentuklah satu format kepengurusan kecil dalam Call Center dengan dipilih salah satu Supervisor sebagai ketuanya / lurah. Pembentukan Lurah Call Center ini dimaksudkan untuk mengurus kesejahteraan Call Center. Salah satu program yang sudah dijalankan semantara waktu ini adalah Call Center Got Talent. Dalam program ini setiap agent call center yang memiliki keahlian khusus dalam bidang seni diberi kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya. Diharapkan keahlian dalam bidang seni tersebut bisa ditampilkan dalam ajang bergengsi Call Center Nasional seperti ICCA (Indonesia Contact Center Award).

DEKORASI KUBIKEL

Untuk menghilangkan rasa jenuh terhadap tampilan meja kerja (kubikel) yang monoton, maka dibuat sebuah lomba menghias kubikel antar team. Rencana lomba ini akan dijalankan dalam jangka waktu tiga bulan sekali. Sudah dipastikan suasana hati akan berbeda duduk di kursi dengan kubikel yang terhias cantik.

OUTING DAN OUTBOUND CALL CENTER
Outing Call Center ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghibur para staff yang tentunya menginginkan refreshing day dan melepas penat melupakan sejenak aktifitas kerja. Kegiatan ini sering kali dilaksanakan dengan suasana pantai selama dua hari satu malam. Cukup sulit memang mengatur sechedule team agar semua bisa merasakan refreshing ini. Dalam outing ini diadakan pula outbound.



Perlu pembentukan team yang solid dengan cara yang menyenangkan. Outbound adalah salah satu solusinya. Bekerja sama dengan team Learning and Development menjalankan suatu latihan fisik dan mental yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antar agent, membentuk team yang solid, menumbuhkan rasa percaya diri dan kebersamaan.
Program ini menggunakan metode Experience Learning dimana para peserta pelatihan outbond akan diberikan kesempatan untuk melakukan pembelajaran melalui penugasan, studi kasus kemudian dari penugasan tersebut akan diambil pemaknaan yang relevan kedalam materi pembelajaran yaitu Team Work, yang termasuk didalamnya pembahasan tentang Leadership & Motivasi, serta disisipkan materi lainnya seperti Service Excellence.

KONPETISI FUTSAL ANTAR TEAM CALL CENTER
Kalau kesenian sudah didukung dengan diadakannya got talent. Motivasi diri dan team sudah terbentuk dengan outbound. Tidak ketinggalan bidang olah raga juga menjadi perhatian khusus, CCFC (Call Center Futsal Competition) digulirkan. Kompetisi bergengsi Call Center ini memperebutkan piala bergilir.

Bravo Call Center... Proud to be Call Center Agent...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar