page

Senin, 27 Februari 2012

Cara Membuat Blog di Blogger.com


Postingan ini saya buat untuk memenuhi permintaan adik saya tentang cara membuat blog. Yang saya bahas disini adalah bagaimana cara membuat blog di www.blogger.com. Karena, menurut saya, lebih mudah, banyak fasilitas yang bisa kita nikmati dan yang terpenting gratis. Ok langsung aja yaaaa.
Untuk membuat blog di blogger.com anda diharuskan memiliki account atau alamat email di gmail.com. jika blm silahkan klik disini. Pada halaman utama gmail.com klik Create An Account untuk membuat alamat email baru.

Lanjutkan dengan mengisi data pribadi pada formulir yang sudah tersedia.

Selanjutkan akan muncul layar congratulations seperti dibawah, anda hanya klik Show me my account.





Tunggu loading selesai. Selamat anda sudah berhasil membuat account di gmail.com

Membuat Blog
Setelah berhasil membuat account di gmail kita lanjut pada proses pembuatan blog.  Masuklah ke websitewww.blogger.com. Mulailah mengisi account dan password gmail anda pada kolom email dan password. Selanjutkan anda akan dibimbing oleh blogger dalam proses pembuatan blog. Pada intinya ada 3 tahapan yang akan anda lalui. Cukup mudah, Anda hanya tinggal mengikutinya dari tahapan pertama hingga terakhir. Tapi saya akan bantu juga bagaimana cara melalui tahapan-tahapan tersebut. Jadi jangan khawatir… ok kita lanjutkan.




TAHAP PERTAMA
Setelah anda mengisi kolom email dan sandi dengan account gmail dan password yang sudah anda buat pada bahasan sebelumnya, akan muncul tahapan pertama dalam pembuatan blog ini. Bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Isi kolom yang kosong dengan nama yang akan anda tampilkan. Nama ini akan muncul setiap anda melakukan posting. Bisa liat di www.berbagisegalahal.blogspot.com, setiap akhir posting ada tulisan berbagi pengetahuan. Karena nama yang saya tulis pada kolom nama tampilan adalah “berbagi pengetahuan”. Setelah kolom Nama Tampilan diisi, tandai / beritanda centrang pada; Saya menerima kemudian klikLANJUTKAN. Lalu akan muncul tampilan layar berikutnya, yang merupakan bagian dari tahap pertama:



Pada kolom ini anda bisa memilih bahasa yang akan anda gunakan, Lihat dan Edit Profil (data pribadi anda) yang menyangkut alamat tinggal, alamat email, no telephon dan informasi lainnya, anda bisa memberi centrang pada beberapa pilihan dari data pribadi anda yang ingin ditampilkan dalam blog. Masih dalam tahap ini anda bisa menampikan foto anda. Setelah melakukan settingan-settingan tersebut anda bisa lanjutkan dengan meng-klik CIPTAKAN BLOG ANDA.
TAHAP KEDUA
Lihat dulu tampilan layar pada tahap dua ini;

Ada 2 hal yang perlu diisi pada halaman ini, keduanya sangat penting. Judul blog, akan muncul jika salah satu judul postingan anda diklik untuk dibaca, judul ini akan selalu ada sebelum judul postingan anda dan dipisahkan dengan tanda titik dua (:) antara judul blog dan judul postingan. Sebagai contoh lihathttp://berbagisegalahal.blogspot.com/2010/11/rekor-juara-f1-termuda.html. Pada contoh tersebut judul blog yang saya gunakan adalah “berbagi itu indah”. Untuk judul blog ini bisa disamakan dengan nama tampilan yang sudah anda isi pada tahap pertama.
Berikutnya anda isi alamat blog, ini diperlukan untuk menjadi alamat khusus blog anda. Untuk contoh pada halaman blog contoh diatas alamat blog diisi dengan “berbagisegalahal”, tanpa spasi, sehingga alamat lengkap blog ini menjadi;www.berbagisegalahal.blogsport.com. Tidak ada salahnya juga jika isinya disamakan dengan nama tampilan dan julul blog.


TAHAP KETIGA
Akhirnya kita sampai pada tahap terakhir bagaimana cara membuat blog di blogger.com ini. Ini adalah tahap termudah karena tidak ada form yang perlu diisi. Anda hanya perlu memilih template atau tampilan design blog anda. Silahkan pilih sesuai selera. Cukup klik salah satu template dan akhiri dengan men-klik LANJUTKAN. Anda sudah berhasil registarsi blog, selanjutnya bisa mulai blogging seperti posting dan lainnya, tentunya setelah anda klik MULAI BLOGGING.

Demikian sekilas cara membuat blog di blogger.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar